Sabtu, 01 Mei 2010

Apa itu Photoshop, Corel Draw dan Macromedia Flash?

Sebelum kita memulai belajar desain grafis, alangkah baiknya kita mengetahui dahulu program-program pengolah grafis. Saat ini banyak sekali program desain grafis. Ada program untuk memanipulasi gambar/foto, ada yang untuk membuat gambar vektor, lau ada yang untuk membuat animasi, dan masih banyak lagi karya desain grafis yang bisa dibuat dengan program-program desain grafis yang ada saat ini tergantung kriteria program aplikasi desain grafis tersebut. Ada Adobe Photoshop, yang sering digunakan untuk memanipulasi gambar, mengedit gambar dan masih banyak lagi yang bisa kita buat di Adobe Photoshop. Lalu Program aplikasi Corel Draw, Corel Draw sering digunakan untuk membuaat gamba vektor. selanjutnya program aplikasi Macromedia Flash Player, yang digunakan untuk membuat
animasi, dan masih banyak lagi program aplikasi desain grafis saat ini. Tetapi yang saat ini sering digunakan adalah ketiga program aplikasi yang di sebutkan tadi.
Berikut pengertian dan informasi tentang program aplikasi
dari ketiga program aplikasi yang disebutkan tadi diatas:

1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop  merupakan software pengolah gambar yang sangat di gemari, salah satu karya dari adobe corporations, setelah merilis beberapa photoshop, versi photoshop yang terbaru adalah photoshop CS 4,
Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat kalo kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya. Adobe Photoshop dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar.
Hasil olah dengan Adobe Photoshop ini banyak dilihat di berbagai website, brosur, koran, majalah, dan media lainnya.

2. Corel Draw
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.

3. Macromedia Flash
Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
   
Tadi adalah sekilas informasi dari ketiga program aplikas desain grafis yang nanti akan kita pelajari bersama di blog saya ini. Semangat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar